Wednesday, September 15, 2010

Cebongs dan Lagu

Kalo kemaren Rae ngeluh-ngeluh karna gw susah dibangunin. Sekarang gantian, gw bangun kepagian dan Rae masih belom bangung. Hiks. Mungkin karna dia sakit jadi tidurnya lamaaaa banget kaya kebo. Hehe

Okeh balik lagi ke judul. Hmm, kalo gw badingin, zamannya gw kecil dulu, banyaaaaak banget lagu anak-anak yang sedikit gw tau, mulai dari lagu bapak A.T Mahmud, bapak n ibu Kasur, dan bapak ibu lainnya yang menciptakan lagu anak-anak sampe lagu-lagunya Joshua diobok-obok, Bondan si lumba-lumba, Susan yang mau jadi dokter, dan si trio bebek yang takut mamanya marah. Hehe.

Tapi herannya, kenapa sekarang lagu anak-anak jarang banget ada? Dan yang lebih memprihatinkan, anak-anak sekarang tidak banyak tau tentang lagu anak-anak. Justru yang mereka tau dan hafal adalah lagu yang sama sekali nggak pantes untuk dinyanyiin anak-anak seumuran mereka. Yups, lagu-lagu tentang percintaan. Yang bahkan untuk seumuran mereka sama sekali nggak tau tentang cinta selain cinta buat keluarga mungkin.

Well, nggak usah jauh-jauh. Berhubung lingkungan kerja gw sekarang dikelilingi oleh para cebongs. Jelas gw jadi tau lagu apa yang mereka bener-bener hafal. Mereka lebih hafal lagu-lagu ST 12, sapa tuh yang nyanyi Ashiteru (sory kalo salah nulis, gw nggak pernah ambil subject bhs jepang waktu sma. Haha), terus lagu yang C.I.N.T.A (still, gw ga tau sapa yang nyanyi. Haha).

Bukannya gw sensi sama lagu-lagu Indonesia, cuma gw jadi makin sebel aja kalo cebongs nyanyiin lagu itu setiap saat. Mungkin gw kualat karna ga begitu suka lagu-lagu itu, sampe akhirnya tu lagu muter-muter di kepala gw, daaaan baaaamm gw menyendandungkan lagu itu. *sigh* mereka lebih hafal lagu-lagu itu daripada hafal angka 1-20, lebih hafal daripada abjad.

Dan ada 1 cebong, yang sumpah hafal banget lagu yang judulnya Cinta Satu Malam dan Keong Racun...lengkap dengan gaya joget ala penyanyinya. Gosh, kalian pasti tau lagu-lagu itu dari iklan-iklan di TV. Dari judulnya aja, udah ketauan lirik lagu-lagu itu sangat sangat sangat tidak pantas untuk didengar anak-anak semuran mereka, apalagi kalau sampai dinyanyiin sama anak-anak itu lengkap dengan gayanya yang sumpah menggelikan. Lihat betapa tayangan TV sangat berpengaruh sama anak-anak.

Memang tayangan TV nggak bisa di salahkan begitu aja, masih ada peran orang tua yang penting untuk mereka. Tapi zaman sekarang banyak orang tua yang kerja dua-duanya. Kalo gitu ya sebagai guru cebong, gw dan teman-teman gw berusaha supaya mereka tidak menyayikan lagu-lagu yang bahkan mereka tidak mengerti artinya. Tapi guru cuma bisa berusaha selama di sekolah. Lepas dari sekolah, itu peran orang tua atau mungkin pengasuh dari si cebongs.

Ada apa dengan lagu anak-anak? (Kaya judul film aja. Hahaha) jujur aja gw semenjak jadi guru anak usia dini, gw jadi makin suka sama lagu anak-anak. Haha. Mungkin TV juga harus bisa memberikan tayangan yang lebih pantas. Paling nggak kalo mau iklanin lagu-lagu yang aneh-aneh itu, di iklanin tengah malem kek, biar anak-anak kecil nggak nonton tayangan kaya gitu. Tapi kalo tengah malem sapa yang nonton ya? Auuu daah, emang gw pikirin. Selama sama cebongs gw jadi merhatiin, kalau anak-anak usia dini itu, lebih cepat menyerap segala sesuatu. Hal baik dan hal buruk. Dan kadang mereka meneriakan kata makian yang didapat dari tayangan TV, makian yang mereka tau artinya juga nggak. Kata makian "keparat" yang mereka gak tau artinya dan masih belom bisa nyebutin huruf "R" dengan benar karna lidahnya masih pendek. Haha

So, teman-teman pengajar atau bukan, kita masih punya pe-er untuk membantu anak-anak penerus bangsa ini, menjadi anak-anak yang lebih pintar, dan tumbuh dewasa dengan semestinya.

Duh, ngomongin apa sih gw pagi-pagi gini. Maaf kalo ada yang tersinggung. Ini cuma bentuk rasa prihatin gw sama para cebongs.

Ahh auu ahh, beibyy cepetan bangun dooonkk. Gw udah kaya cewe sinting yang ngoceh sendirian di blog. Hiks
Sent from PiKun® powered by NdutNcit

9 comments:

d_bee said...

ah!
lu juga dlu gitu kan...
gw yakin waktu lagu bondan tenar lu juga ikut2 joget...
"si lumba2.....!!!!"
"makan dulu......"
lu langsung nyemplung n bergaya ky lumba2..
atw lagu eno lerian...
"nyamuk2 nakal... tikus2 nakal.."
trs lu nampol diri sendiri...
ya kaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannn....
nanya si riel aaaah...

coffee latte said...

Yeee, monyong. Paling gak itu lagu yang sesuai umur gw bee, n joget na juga bukan joget ala si penyanyi dangdut ntu. Hahaha.

d_bee said...

Hªª:D Hªª;) Hªª:p Hªª:D Hªª=))
‎​ Hìí :D Hìí <3<3 Hìí =)) Hìí :p
‎​ :D※.нɛнɛ•нɛнɛ.※
Akhirnyaaaa.....

Yeah... Sbnrnya gw juga ngadepin hal yg sama...
Ade gw yg bontot jg gt.
Gw bingung drmn dy hafal ampe detail gerakannya....

d_bee said...

Hªª:D Hªª;) Hªª:p Hªª:D Hªª=))
‎​ Hìí :D Hìí <3<3 Hìí =)) Hìí :p
‎​ :D※.нɛнɛ•нɛнɛ.※
Akhirnyaaaa.....

Yeah... Sbnrnya gw juga ngadepin hal yg sama...
Ade gw yg bontot jg gt.
Gw bingung drmn dy hafal ampe detail gerakannya....

coffee latte said...

Ade yg bontot? OMG, serius lo si olen yg umur 4 taon ntu ade lo? Yg lo tipu waktu maen UNO? Seriusan? Hahaha.

Hmm, dari tv noh liatnya. (¬_¬")

d_bee said...

Iye serius.....
=))º°˚˚°º≈нåнåн庰˚˚°º≈º=))
Demen gw ngerjain dy...
WΔ=DĸΔ>=)ĸΔ:DĸΔ>=)ĸΔ=DĸΔ>=)²™


Gw suruh dy dgr radio aj...

coffee latte said...

Huahahaha. Putih kaya lo ato kaya ade lo bee? Ada fotonya? Liat donkkkk...psg d fb kek, bbm kek. Yaaaaa???

Haha, trs ntr ade lo ngmng ala penyiar radio yaaa? Haha

d_bee said...

Tr d gw posting foto dy brusaha minum susu dr hidung..
WΔ=DĸΔ>=)ĸΔ:DĸΔ>=)ĸΔ=DĸΔ>=)²™

Unknown said...

Gue aja yg udah gede masih doyan tuh dengerin lagu ank", smpeg di mp3 playlist gue hampir 45% lagu ank" jaman dlu, gak tau knp enak aja didengerin . . .
beda banget ama ade gue yg demen banget denger lagu ayu tingting

#tsatsa