Thursday, April 15, 2010

Pagi yang Membingungkan

Tidak seperti biasanya, hari ini gw bangun pagi tanpa ada jadwal yang mengharuskan gw untuk bangun pagi. Jam kerja gw beda dengan beberapa orang yang gw kenal. Kalo yang lain pada tidur, gw pasti masih melek untuk ngereview buku ato untuk cari inspirasi buat musik gw. Tapi…begitu yang lain pada melek dan siap untuk menjalankan aktivitasnya, gw malah baru mulai untuk tidur. Kali ini gw bangun pagi karena sodara gw datang pagi-pagi dan langsung ngebangunin gw yang baru aja tidur 3 jam. Dia ngebangunin gw cuma karna mau nyebarin gossip sekaligus ngasih “undangan”.

Ternyata, itu undangan untuk menghadiri “persidangan” salah satu sodara gw, sebut aja si mike. Menurut imel yang diundang adalah keluarga besar. Berhubung gw baru bangun, jelas gw sama sekali nggak ngeh sama masalah yang lagi di omongin imel, gw cuma ngejawab dengan kata “ha…,he…,hmm…”. Sampe akhirnya imel nyebutin 1 kata, cuma 1 kata aja bisa bikin gw langsung melek n buru-buru cuci muka + sikat gigi biar gw ngerasa fresh n bisa mencerna semua omongan imel.

Kata itu adalah…GAY! Yupz, gay. Damn! Ada apa sih sama awal dari hari ini? Kasian amat jantung gw, pagi-pagi udah dibuat dag...dig...dug...serr gini. Kenapa dari sekian banyak bahan yang bisa di gosipin, kenapa juga mesti masalah homoseksualitas gini sih? Pagi-pagi pula ngomonginnya. Ckck. Setelah gw keluar dari kamar mandi, gw langsung minta imel buat ceritain masalah ini dari awal.

Sebenernya masalah ini bener-bener ngeganggu gw. Gw memang udah lama nyium aroma ke-gay-an-nya mike. Tapi mau diapain coba kalo dia gay? Gw bukan tipe orang yang suka ngorek-ngorek urusan orang lain, apalagi urusan yang model gini. Kalopun dia gay, ya soooo what??? Bukannya gw nggak peduli kalo sodara gw ada yang kaya gitu. Tapi gw anggep itu urusan dia. Lagian ngapain coba mesti ada acara sidang-sidangan gini? Apalagi sampe ngumpulin semua keluarga gini. Bener-bener ga abis pikir gw, sama tante gw. Kaya nggak ada kerjaan lain aja, selain bikin anaknya malu didepan keluarga yang lain. Lagi enak-enaknya nikmatin pikiran gw, tiba-tiba imel ngajak ngomong lagi.

I: “menurut lo gimana?”
G: “apanya yang gimana?”
I: “tentang masalah mike, n menurut lo dia gay?”
G: “ya nggak gimana-gimana, n mana gw tau dia gay apa bukan (bohong aja). Kalopun iya, itu urusan dia. Gw nggak mau ikut-ikutan ngurusin masalah ini. Apalagi mesti jadi penonton.” Gw bener-bener nggak tau mau ngomong apa lagi.

I: “oi! Jangan bengong aja! Hehe. Lo setuju kalo seandainya dia gay?” wekz, napa jadi serius gini nih orang tanyanya. Mukanya juga serius banget lagi, buat nunggu jawaban dari gw.
G: “menurut gw, itu terserah dia. Itu hidup dia. Lagipula lo nggak bisa maksa yang namanya perasaan mel.”

I: “berarti lo setuju? Tapi itu jelas-jelas bertentangan sama agama kan? Dan pasti berujung sama dosa kan?”

G: “gw kan nggak bilang setuju ato nggak. Kalo masalah agama, gw nggak mau ngebahas hal ini. Tiap orang pasti punya perbedaan pemikiran. Yang 1 bilang nggak masalah n yang 1 lagi bilang hal ini merupakan masalah. Yang 1 bakal bilang ini dosa yang sangat besar, dan yg 1 bakal bilang bukan dosa. Lagipula gw nggak pernah tau gimana cara Tuhan buat menilai dan menetapkan dosa seseorang.”

G: “lagian, gw juga bukan orang suci, yang seenaknya aja menilai dosa seseorang karna gw ngerasa udah paham sama agama. Mungkin kalo ntar gw mati duluan daripada lo n gw masih d kasi kesempatan ketemu Tuhan, gw bakal tanyain tentang masalah ini. haha”

I: “gile, bangun pagi gni otak lo beres ya? Ga biasanya gw bisa nemuin otak lo yang lagi beres.”

G: “nah lo sendiri yang mulai tanya-tanya hal kaya gitu. Lagian napa lo tiba-tiba mau tau tentang masalah bertentangan dan dosa? Bukan tipe lo banget kan? Belom lagi muka lo tertekan gitu.”

I: “nggak kenapa-kenapa. Cuma mau tau aja, apa pendapat lo tentang masalah gini. Yah, gw nggak bisa bayangin gimana ntar nasib mike.”

G: “makanya nggak usah d bayangin. Bawa dalam doa aja, biar semuanya baik-baik aja. Ngomong-ngomong, mike gimana setelah tau dia mau d sidang gini?”

I: “dia nggak tau sama sekali. Yang dia tau acara itu, acara open house. Pokoknya lo harus dateng! Lo tau kan, lo termasuk salah satu anak bau kencur yang pendapatnya masih bisa di terima sama keluarga besar.”

What? Napa gw jadi berasa dapet tanggung jawab sama masalah kaya gini? Padahal gw juga sama kaya mike, sama-sama suka sesama jenis. Haha. Pendapat apa coba yang bisa gw kasih? Gw nggak mau terlibat sama urusan ini lebih jauh. Mikirinnya aja udah bikin pala gw pusing. Dan gw juga nggak mau jadi orang munafik yang harus menyudutkan mike. Tauuu ahhhh!!

Setelah ngobrol topik lain, imel akhirnya pamit pulang. Begitu dia udah pergi dari rumah gw, gw langsung conference call ke mam, pap, n riel buat membicarakan masalah ini. Thx God, mereka sama kaya gw. Merasa nggak nyaman dengan acara sidang menyidang itu. Pap n mam nggak setuju karna, “itu seharusnya jadi urusan keluarga mereka. Buat apa di gembar-gemborin gini? Kasian anak itu kalo harus malu didepan seluruh keluarga. Seandainya aja disidangnya sama keluarga mike sendiri, anak itu juga pasti punya sedikit rasa nggak nyaman.”

Dan menurut riel “buset dah! Mereka nggak ada kerjaan lain apa selain bikin malu anak sendiri? Lagian, bener kaya kata mam n pap, kasian dia. Bisa-bisa bunuh diri lagi. Tu si mulut ember, lulusan psikolog (maaf tidak bermaksud menyinggung), tapi kok otaknya once gitu sih? Seharusnya dia tau donk mesti gimana.”

Wow, ngedenger gimana keluarga gw nanggepin masalah ini, malah bikin gw bener-bener mikir. Apa reaksi mereka kalau sampai mereka tau, anak perempuannya juga penyuka sesama jenis? Tadi pagi gw cerita ke salah satu temen maya gw. Dia bilang “wah jangan-jangan ini memang masalah genetik kali! Lo cari tau gih, sapa aja di keluarga lo yang kaya gitu!”. Jiah, gimana bisa jadi masalah genetik? Masalahnya, hubungan keluarga gw k keluarga mereka itu bisa di bilang keluarga jauh banget, yang berhubungan sama buyut gw. Dan keluarga mereka itu ternasuk keluarga tiri, tiri disini buka termasuk satu bapak ato satu ibu. Tapi bener-bener nggak ada hubungan darah, karna mereka anak-anak bawaan.

Ya walopun, bisa aja kalo ada salah satu dari keluarga kandung gw yang punya “kesamaan” kaya gw gini. Ah.. makin lama, makin gila hidup yang gw jalanin ini. Tapi gw tetap bersyukur sama Tuhan atas kegilaan yang ada dalam hidup gw. Hidup gw jadi lebih berwarna. Hahaha.

2 comments:

Marisa Roti said...

Sumpah.
Emank ternyata otak lu akhir2 ini sering waras. Psti gr2 kenalan sm gua kan? Hahaha.

Oke gini. Gw SETUJU BANGET sama lu. Jd gw bingung m ngmg ap, karna yg m gw omongn ud lu ketik smua diatas. Jd intinya gw setuju.
Ngmg2 yg ngadu lu2san psikolog? Aneh. Saudara lu itu kok bs lulus y? Nygok dosen huh? *tampang sinis*

coffee latte said...

haha! sialan lo! mank biasa otak gw ga waras ap? :(

gile, gw ga yakin dy nyogok! cz org na tuh pinter dasyat! cuma ya gitu, dy suka sirik aja. mungkin karna ngerasa nggak pernah d ajak b'sosialisasi ma sodara yang laen, makanya dia cari perhatian dengan cara itu. cara yang bener" menyebalkan (menurut gw! haha)