Wednesday, March 31, 2010

tentang ujian nasional

Baru-baru ini diselenggarakan ujian nasional. Tapi apa masih perlu d adain ujian itu? Yah, ini udah d bicarain sama orang-orang pemerintahan yang terkait dalam maslah pendidikan. Well! Alih-alih denger kelanjutan nasib ujian nasional, kita malah d kagetin sama berita tentang dimajukannya UN. Yah biar gw udah nggak sekolah lagi, tetep aja gw ngerasa kasihan sama anak-anak SMA yg ngedepin UN. Gila aje, gak usah ujiannya di majuin aja kita udah ketar-ketir, apa lagi klo UN-nya dimajuin?? Ya ampun! *geleng-geleng*

Bener juga, gw setuju banget kalo UN itu d hapus. Bukan karna gw dendam sama UN. Tapi karena setiap menjelang UN, beritanya selalu aja tentang kebocoran soal UN. Mau tu soal UN di kawal sama polisi kek, tni kek, ampe presiden yang ngawal pun, nggak bakal ada bedanya. Tetep aja bocor tu soal.
Selalu ada aja oknum yg menjual kunci jawaban UN. Sistem pembelian kunci jawaban soal, selalu bayar 1/2 dlu ato dibayar setelah kunci jawaban d terima si murid. N si kunci itu baru d diterima si murid pas pagi-pagi sebelum ujian. Hmm, gw nggak bisa ng'judge si pembeli kunci jawaban. Cz gw juga suka mikir UN itu konyol (ini menurut gw doank lho! Klo lo mo anggp UN penting ya..monggo! Hehe). Yang bener aja, kita mesti hafalin pelajaran dari kelas 1. Buang-buang waktu n tenaga aja menurut gw. N gw juga ga bs nyalahin oknum itu, karna mereka mencoba mengais rejeki dengan cara yg amait-amit menyebalkan yg KATANYA gara-gara tuntutan ekonomi. Haha! (bullshit ga seh??! Lho kata na ga nyalahin?!)

Belum lagi masalah pengawas ujian. Yah memang nggak semua sekolah kaya gni. Tapi ada aja sekolah yang pengawasnya cuek-cuek aja waktu anak-anak pada saling tuker jawaban n nyalin jawaban dari kunci jawaban soal yang d tulis di tisu. "Gila!!" Itu yang ada d dalam pikiran gw. Itu sih bukan ujian. Klo kaya gitu modelnya, ngapain juga pemerintah ngeluarin banyak uang cm buat nyelenggarain UN klo ujung-ujungnya pada nyontek semua.

Tiba-tiba gw inget pengalaman gw waktu ngawas soal" ujian d salah satu sekolah anak-anak cacat (ga maksd nyinggung). Gw suka ngerasa malu, kalo nemuin kasus kaya yg di paragraf sebelumnya. Bukan malu karna gw goblok karna gak ikut-ikutan beli kunci jawaban ato nilai gw jelek. Tapi begitu gw liat gimana keadaan UN di sekolah anak-anak cacat, gw langsung ngerasa shock. Gosh! Kita (gw) seharusnya malu, Tuhan menciptakan kita dengan "sempurna", maksudnya lengkap. Anggota badan yang lengkap n berfungsi dengan baik, dan otak bwt berpikir (yah kadang" otak gw ga beres dikit sih! Wkwk). Kita yang di kasih perkakas lengkap gitu sama Tuhan, seharusnya bisa mengerjakan UN dengan baik, nggak perlu ngeluh blajar (kaya gw si tukang ngeluh), n nggak perlu nyontek" an lebay.

Anak-anak itu, mengerjakan soal-soal tersebut dengan semua keterbatasan yang mereka punya. Tapi keterbatasan itu nggak menyurutkan semangat n kesiapan mereka untuk menghadapi UN. Miris gw mikirnya. Justru orang-orang seperti mereka malah d remehkan masyarakat karna kekurangan mereka. Walopun gak semua orang meremehkan mereka. Tapi..klo gitu buat apa kerja keras mereka selama ini? Apa cuma untuk selembar ijasah? Justru tukang contek yg mendapatkan tempat d masyarakat. Sedangkan mereka?

Sekali-kali mereka yang suka mengeluh (kaya gw), tukang contek, tukang beli kunci jawaban, penjual kunci jawaban, orang dalam pemerintahan yg nyuri kunci jawaban, n para pengawas yg sinting. Harus liat bagaimana anak-anak yang "berkekurangan" ini menghadapi UN. "Mental" seperti anak-anak inilah yang lebih hebat daripada kita si tukang contek n ngeluh.

Jadi...apa masih perlu ada Ujian Nasional?!! Ga tau lah! Ini msh jadi kontroversi. N gw juga gak mau terlalu pusing mikirin. sampai jumpa lgi berita bocornya UN tahun depan n depannya lg, n seterusnya. Hehe. Sekarang gw mau tidurrrrr....

5 comments:

san said...
This comment has been removed by the author.
san said...

d tmptku ada yg lbh parah
bocoran terang2an dibagi lwt sms ke smua anak kls 3
ada 2 skul yang kayak gitu
hebatnya lagi, guru.a malah ngajarin cara ngumpetin bocoran
ckck
kasian yg udah mati2an bljr
lagia, lulus gara2 bocoran kan rasanya nggak enak...
==

coffee latte said...

yupz! klo gw sih mikirnya jelas gak puas klo lulus dgn cara gitu. tapi mrk mungkin berbeda pikiran dari gw! mungkin mereka cuek" aja, ato bs jadi karna mereka kepepet n tkt ga lulus. haha

Rae said...

Seperti hukum Ekonomi aja, ada demand ada supply, ada permintaan ada penawaran. Ditambah lagi ada kesempatan dalam kesempitan. Gara2 ada UN, permintaan akan kunci jawaban pun tercipta. Maka muncullah berbagai para supplier yang sebenarnya diragukan juga. Jadilah itu kesempatan meraup untung, bukan? hehe *sok ngguru*

Tapi untung gw dah selesai sekolah.... No more ujian... sayonara ujiannn.... hehehe

Marisa Roti said...

Engg,
kayakny tgl gw deh yg ujian.
Satu prtanyaan aj d bwt lu..
Klo g ada ujian, trus gmana pmbuktian scra mnyeluruh bg sluruh siswa bhwa mreka tlah brhasil mnguasai sluruh pmbahasan materi SMA?
Senior gw, ipa sanggup tu nglewatin ujian, tp y skali lg itu trgantung mental y, mental kacang atau bkn.
Tw sndri, d indonsia kbnykan mental kcang.
Dan yg beli soal, itu gw g stju. Jlaslah salah. Drmn brlaku curang itu dpt dbenarkan? Parahnya lg, itu jg bego.