Thursday, April 21, 2011

Persiapan Cebongs

Kalau ditanya gimana capeknya jadi guru TK...wuiiihh bukan main capeknya. Apalagi anak-anak di sekolah gw ini agak sedikit berbeda dengan anak-anak di sekolah umum. (˘_˘") tapi yaaa, secapek-capeknya gw ngadepin mereka, rasa capek itu nggak pernah muncul saat gw lagi sama anak-anak. Rasa itu baru muncul setelah anak-anak pulang sekolah, baru deh berasa banget.

Mau ngeluh? Ya enggaklah, namanya kerjaan pasti capek. Kalo mau nggak capek ya nggak usah kerja. Haha. Well, sebulan ini bisa di bilang sibuknya gw ampun-ampunan. Nyiapin cebongs buat perform diacara Kartini yang dibuat sekolah daaan perform di perlombaan vocal group anak-anak TK. Gw dapet tanggung jawab buat nyiapin cebongs perform. Secara gw juga merangkap jadi guru musik.

Milih-milih cebong mana yang suaranya mendingan dan hafal lagu anak-anak, juga cebong yang masih mau diatur. Dikira gampang? Ngggaaak laaaahh. Selama sebulan, gw terpaksa bongkar pasang formasi yang udah ada. Setelah itu aransemen ulang materi lagu yang dilombain. Abis itu, dengerin cebongs nyanyiin lagunya. Dan dengan sedikit nekat, gw mencoba membagi suara cebongs jadi ada suara 1 dan suara 2. Fuiihhh thanks God, ternyata bisa. Padahal gw sempet mikir, apa anak-anak TK bisa nyanyi model gitu. Ternyata bisa. Haha

Setalah urusan vocal group beres, walaupun lombanya belom, gw harus siapin cebongs lagi buat perform diacara Kartini. Hhh. Ngelatih mereka nyanyi mars sekolah plus lagu Kartini, ngiringin cebong Fays yang nanti baca puisi, dan ngelatih beberapa cebongs untuk mainin perkusi dapur. Untung aja, ngelatih angklung bukan bagian gw. Jadi gw masih bisa napas sedikit.

Kenapa gw bilang sedikit? Yaa karena gw mesti ngelatih cebongs main perkusi dapur. Bukan hal yang gampang buat ngelatih anak-anak umur segitu main musik. Apalagi alat musiknya adalah panci dan teman-temannya. Cebongs yang diseleksi harus cebongs yang cepet nangkep ritme musik, dan punya feeling bagus buat tau kapan mesti bunyi.

Bahkan kalo dipikir-pikir, latihan perkusi ini baru bener-bener latihan waktu H-2 buat GR. Ya bukan karena gw malas ngelatih, tapi yang diprioritasin ya yang lomba vocal group, karna kita ngebawa nama sekolah.

Dan gw kali ini mau sombong. Ternyata latihan perkusi dapur yang cuma sebentar itu, hasilnya tidak jelek. Malah memuaskan. Waktu GR tadi, mendadak ada rasa bangga yang gw rasain buat cebongs gw. Mereka dapet tepuk tangan dari beberapa ortu murid dan ketua yayasan sekolah yang nonton di amphiteater sekolah. Walaupun perform perkusi dapur ini, bukan 100% dimainin sama cebongs, tapi dibantu dengan gw dan 2 orang guru lainnya, tapi hasilnya bagus banget.

Gw cuma berharap waktu hari H nanti, cebongs nggak mendadak mogok main, karna ngerasa ribet sama pakaian adat yang mereka pakai. Well, sebernya juga gw ngerasa ribet. Nggak kebayang, perform gituan pake kebaya. Gimana duduknya coba gw pas ngiringin gitar. Kan gw nggak bisa duduk rapet. (¬_¬") mana mesti main perkusi dengan dandanan gitu pula. Belom lagi, ngebayangin, gimana gw jalannya nanti? Gw kan seksi ngejar anak-anak. Hiks. Alamat gw mesti ngangkat sarung kebaya gw buat ngejar cebongs. :'( inilah yang namanya emansipasi. Nguber-nguber cebongs pake kebaya. Haha *plak* ngawur aje gw. Hihi :p

Ps.
Selamat hari Kartini buat perempuan-perempuan perkasa dan buat Kartini-kartini kecilku. :)

Sent from my BlackBerry®
powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments: