Monday, August 20, 2012

Lebaraaaann

Kalo di blok kompleks rumah gw, ada semacam kebiasaan setelah selesai menjalankan sholat eid di mesjid, semuanya berkumpul dilapangan blok tempat gw tinggal. Kita semua bersalam-salaman untuk silahturahmi. Nah kebetulan lebaran kali ini jatuhnya di hari minggu. Jadinya ya setelah keluarga yang non muslim selesai menjalankan kebaktian yang waktunya pas sama selesainya sholat eid, kami semua langsung jalan sama-sama dengan tetangga-tetangga yang baru selesai ibadah menuju lapangan. Dilapangan kami semua saling bermaaf-maafaan. Gw sama Riel bisa ketemu sama temen-temen kita waktu masih kecil yang sekarang udah pada punya kesibukan masing-masing. Sambil ketawa-ketawa mengingat kenangan kita semua waktu masih kecil.

Begitu juga dengan para orang tua, mereka juga mendadak inget bagaimana kelakuan kami semua waktu masih anak-anak. Dan akhirnya malah jadi bahan ketawaan. Yang gw suka di blok gw tinggal ini, kita semua memandang perbedaan sebagai pelengkap bukan untuk saling membanding-bandingkan mana yang lebih baik. Kalo dibilang rukun ya jelassss gw dengan berani akan bilang kita semua rukun. Mau ada isu apaan kek yang berunsur SARA yang lagi heboh, untungnya kami tidak pernah terpengaruh. Semua orang disini selalu saling membantu. Kalau umat muslim sedang ada acara halal bihalal, biasanya yang non muslim juga ikut membantu persiapan dilapangan blok. Yang muda-muda (kaya gw. (>-̮<) ) membantu dilapangan untuk ngatur meja, hias panggung, dll. Para bapak-bapak biasanya ngurusin keamanan dan kebersihan, daaan Ibu-ibu? Yaaaa udah pasti urusan makanan dong. Hehe. Begitu juga sebaliknya kalau umat non muslim mengadakan acara natal kompleks, mereka juga pasti tanpa diminta langsung ikut berpartisipasi membantu.

Ahhh, inilah yang gw paling suka di lingkungan tempat gw tinggal. Gw bersyukur masih bisa merasakan kerukunan umat beragama dalam lingkungan tempat gw tinggal. Tapiiii yaaa saat semua temen-temen gw pada ngumpul termasuk gw sama Riel, ibu-ibu langsung pada ngomong "duuuhh udah pada gede-gede ya anak-anak kita. Naaah hayooo kapan niiihh undangannya???" Daaan mendadak kita semua langsung diem sebentar dan dilanjutkan dengan saling tunjuk satu sama lain tentang siapa yang nikah duluan. Haha. Sampe akhirnya temen gw nyeletuk, naaah disini kan yang cewe cuma Kopi, paling bagus Kopi duluan tante yang nikah. Hhhhhhh preeeett kena lagi dehh gw!!! Mereka semua langsung ketawa ngeliat muka gw yang cengo-cengengesan malu-dan panik. Haha.

Setelah acara salam-salamannya selesai. Semua langsung bubar, pada mau melanjutkan acara masing-masing. Gw sekeluarga langsung pulang dan harus siap-siap lagi berangkat ke acara lebaran dari keluarga Pap. Kebetulan semua keluarga besar yang dari luar kota pada lagi kumpul. Jadinya ya lebaran kali ini bakal rame. Begitu sampe rumah oma gw, semua keluarga udah pada kumpul. Daaan mbaknya oma gw langsung sumringah ngeliat gw sambil angkat serenceng ketupat jatah gw. Wkwkwkwk. Untung banget kali ini gw nggak dapet pertanyaan "sakti" diacara lebaran keluarga. Yang kali ini dapet pertanyaan kaya gitu Riel. Hahaha. Mang enak!!! :p.

Keponakan-keponakan gw begitu ngeliat gw langsung lari dan mencok dikaki gw sambil kasih puppy eyes "tante...sawelannya donk" terus langsung pamerin gigi segede gigi tikus yang putih. Haiiiissshh anak jaman sekarang yaaaa. Begitu gw keluarin dompet gw bagiin saweran ehhhh yang namanya Khafa langsung bilang "tanteee Kopi yang cantik, sawelannya lagi donk. Aku kan mau beli ipad" doeeeeng. Semua langsung ngakak. Gw langsung nyerocos..."enaaaakkk ajeeeee, nggak mempaaan!!! Tante udah tau murid disekolah tante diajarin sama mamanya buat ngomong gitu sama kakungnya biar dapet saweran gede!!! Huh! Pasti diajaran papa kamu kaannn???"

Haha. Dengan muka melas dia langsung noleh ke papa-nya "yah paaa, nggak mempan". Haha. Semua langsung ngakak ngeliat muka polosnya. Tadinya Stef udah mau ikut ke acara lebaran keluarga besar gw, cuma berhubung dia harus masuk kerja, jadi batal deh. Hehe. Next timeee ya Stef. :p.

Oiyaaa, belom telat banget kan...gw dan Stef mau mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri ya teman...mohon maaf jika ada perkataan dan perbuatan yang menyinggung. Hehe. Selamat liburaaaann bersama keluarga dan orang-orang terkasih. Yaaaayyy!!! Owh dan selamat menjalankan diet buat yang mendadak timbangannya naik karna kalap ngeliat ketupat dan teman-temannya. Wkwkwkw.

Powered by Telkomsel BlackBerry®

No comments: