Tuesday, June 26, 2012

Kesedihan Cebongs

Nah, sabtu kemarin cebongs pada lulus. Seperti biasa, ada acara perpisahan di sekolah. Hmm, sebenernya sih udah dari sebelom perpisahan, para ortu cebongs udah bbm gw dan ngomong kalau anak-anaknya pada sedih mau tinggalin sekolah. Daaaann mereka paling sedih karna bakalan pisah sama gw...si Miss K yang jail nan mempesona ini *protes...jitak!!! Setiap latihan nyanyi lagu perpisahan, ada salah 1 murid gw yang nyanyi sambil ngelap mata, dan dia dengan heboh nyerocos sendiri kalau dia ngantuk, kaya gini nih "Aduh, Ary ngantuk, jadi nguap terus...keluar air mata deh". Ihhhh cape deh, Miss K kan lebih tua dari kamu, jadi pernah pura-pura kaya gitu juga pas lagi mellow. Haha. Gw yang ngiringin pake gitar jadi ikutan ngerasa sedih. Berasa nyesek.

Akhirnya tibalah hari dimana gw mesti say goodbye sama mereka semua. Setelah semua acara perpisahan yang di-isi sama tangisan cebongs...yang sukses bikin semua orang tua dan guru-guru lain juga ngerasa terharu, acara dilanjutkan dengan pembagian rapot. Nah waktu pembagian rapot, gantian dehhh para mama-nya yang cengeng. Mereka bilang kalau nggak nyangka anak-anaknya pada bisa mellow karna mau pisah sama gw. Dan gw jadi ikutan ngerasa mellow karena cebongs sayang banget sama gw. Hiks. Nyebelin banget, gw bahkan kemaren sampe ngomong dalam hati, kalo perlu nangis ya nangis deh gw, nggak perlu gengsi karena sumpah nyeseknya itu lho yang nggak ketahan. Sakit banget. Bahkan sakitnya lebih sakit dari sakit hati karna masalah cecintaan. Wkwk. Tapi yah, gw cuma bisa nyesek, air mata nggak keluar. Gw sampe detik ini masih ngerasa seneng sama omongan ortu murid pas lagi pengambilan rapot. Mereka ngucapin terima kasih karna udah sabar sama anak-anaknya selama 1 tahun, beberapa juga nggak nyangka selama 1 tahun anak-anak mereka jadi murid gw mereka ngeliat banyak perubahan positif di anak-anak mereka.

Bukan mau narsis, tapi dimata ortu murid, gw itu bukan cuma gurunya anak-anak mereka. Gw itu bener-bener jadi teman mereka, jadi kakak mereka yang selalu bikin mereka ceria setiap hari. Walaupun gw lagi sakit, gw tetep prioritasin anak-anak daripada kesehatan gw sendiri. Sampe kadang-kadang ortu murid yang jadi gemes sama gw karna bandel nggak mau istirahat. Hehe. Gw dapet banyak hadiah kenang-kenangan dari murid gw, dan gw juga kasih kenang-kenangan buat cebongs supaya tetap ingat masa kecilnya, ingat sekolahnya, dan yang pasti ingat sama gurunya yang paling keren ini. Hehe. Disela-sela kesibukan gw, gw menyempatkan diri bikin slide foto cebongs dan gw burn di dvd. Yah, yang jelas itu bikinnya pake cinta. Lebay sih, tapi emang itu kenyataannya. Gw bikin itu sampe nggak tidur 2 hari. Gw pokoknya mau kasih sesuatu yang bagus buat cebongs, sesuatu yang nggak akan mereka lupain. Gw sempet bingung, ini kok cebongs pada aneh. Percaya nggak??? Nggak ada 1 pun cebongs yang pamitan sama gw, bilang terima kasih, atau sekedar ngomong "daahh" pun nggak. Pas ortunya masuk ngambil rapot, mereka nunggu di depan. Ogah masuk. Ternyataa oh ternyataaa, nggak ada 1 pun dari mereka yang mau ngucapin selamat tinggal sama gw. Mereka sedih. Bahkan ortunya udah ngebujuk juga mereka tetep nggak mau. Karna gw gemes, ya gw samperin dah semua cebongs gw. Mereka kaya lagi arisan, ngumpul ngegerombol. Begitu gw deketin mereka mencar-mencar, bahakan nggak mau ngeliat mata gw, ngehindar terus. Akhirnya gw ngeliat sesuatu yang bikin hati gw kaya dicabik-cabik. Air mata. Iya gw ngeliat itu dimata cebongs. Bahkan Ras, cebongs yang paling cool di kelas gw pun ngeluarin air mata.

Perasaan gw saat itu bener-bener bersyukur. Masih banyak yang sayang sama gw. Masih ada yang nggak bisa ninggalin gw. Gw merasa bener-bener berharga dimata anak-anak itu. Gw merasa bener-bener dicintai sama mereka. Dan mereka bener-bener tulus. Hal seperti ini yang nggak rela gw tuker dengan tawaran-tawaran pekerjaan lain yang gw dapetin. Walaupun tawarannya bener-bener menggiurkan dari segi materi. Tapi rasa sayang yang tulus dari mata anak-anak nggak akan pernah bisa kebeli dengan berapapun banyaknya materi yang gw dapetin.

2 hari setelah acara perpisahan, gw nerima banyak message dari ortu murid tentang anak-anaknya yang kangen setengah mati sama gw. Mereka juga ngucapin terima kasih buat hadiah kenang-kenangan yang gw kasih. Dan gw juga minta maaf karena cuma bisa kasih dvd itu. Dan mereka bilang "terima kasih banyak, dvd itu mengungkapkan gimana sayangnya Miss K sama anak-anak kami". Dvd yang gw kasih diputer terus-terusan, hasilnya cebongs pada ngomong ke ortunya "Kangen miss K, aku kan udah lama nggak ketemu miss K". Aiihhh, padahal baru 3 hari nggak ketemu -.-". Bahkan barusan pas gw lagi nunggu antrian di dokter gigi salah satu cebongs gw yang namanya Lala "ngebajak" bb mamanya. Dan dia langsung bbm gw bilang kalau dia kangen. Haha. Lumayan lama gw bbm-an sama Naz, dan kepotong pas giliran gw masuk ke ruangan dokter. Pas di apotik, gw ngecek bbm, mamanya Naz minta maaf karna bb-nya dimainin sama anaknya. Dan mamanya kirim foto Naz yang lagi nangis karena kangen sama gw. Hhhhhh, gw sampe nggak bisa ngomong apa-apa.

Yang jelas gw berdoa untuk mereka. Supaya mereka jadi orang yang berhasil. Dan gw yakin mereka akan jadi orang yang berhasil suatu saat nanti. Dan gw akan jadi orang yang paling bahagia sekaligus bangga saat semuanya terjadi. :)