Wednesday, March 19, 2014

Laurent

Nggak tau kenapa tiba-tiba gw pengen banget buat liat account fb gw. Padahal udah lama banget gw nggak pernah buka-buka account fb gw, dan gw mendadak pengen banget liat friends list. Hal yang sama sekali nggak pernah gw lakuin. Setelah liat-liat, ada 1 nama yang langsung menarik perhatian gw. Nama yang udah lama banget nggak pernah ada komunikasi hampir 1 tahun lebih. Sebut saja namanya Laurent. Dia bisa dibilang kakak kelas waktu gw masih SMA. Gw bisa kenal sama dia karna dia temannya Eliz, waktu gw baru masuk sekolah, Laurent lulus untuk melanjutkan kuliah.

Hubungan gw sama Laurent ini bisa digambarin kaya hubungannya si harry potter sama hermione granger. Iya gw emang deket sama Eliz, tapi gw juga suka ngabisin waktu sama Laurent. Gw sama dia sering banget komunkasi, dan kalo gw udah ngobrol sama dia udah pasti bakal berjam-jam. Bahkan setelah Eliz lulus, gw masih tetap berhubungan baik sama Laurent. Kadang dia suka datang ke malang untuk ngunjungin gw, dan kadang gw suka ngunjungin dia ke surabaya.

Dia selalu tau kapan gw lagi ngerasa nggak nyaman sama sesuatu, udah kaya punya telepati langsung dia telp gw, begitu juga sebaliknya. Dia selalu bisa bikin gw ngerasa nyaman. Bahkan waktu gw lagi marah karna sesuatu kalau dia ada di dekat gw, dia nggak perlu ngomong untuk bisa bikin gw tenang. Laurent cuma meletakan tangan entah di lengan, bahu, paha, dan menggenggam tangan gw udah langsung bisa bikin gw tenang. Kadang gw suka becandain dia tiap dia ngelakuin itu, gw suka bilang kalau dia emang sengaja pengen pegang-pegang gw karna nggak tahan sama kekerenan gw. Hahaha. Denger gw ngomong gitu, dia selalu ngebales dengan ngomong "halaaahh, bilang aja lo juga suka kan gw pegang-pegang". Udahannya kita berdua cuma ketawa.

Dia selalu nyempetin datang ke malang untuk bisa datang diacara-acara penting gw. Kaya final pertandingan basket gw, gw tampil ngeband diacara pensi, bahkan saat gw dikeluarin dari sekolah dia langsung datang. Gw suka banget ngabisin waktu sama dia, dan dia juga mengerasain hal yang sama. Setiap kita ketemuan pasti ketemunya rame-rame lengkap dengan teman kita berdua plus ade gw si Riel. Nah kalau udah ketemu rame-rame gini, nggak tau gimana ceritanya, pasti gw sama dia tiba-tiba udah jalan berdua jauh dari gerombolan. Baru ngeh pas udah selesai ngobrol-ngobrol, plus bercanda, baru deh gw sama dia ngeh kalau kita berdua "ngabur" dari gerombolan. Bahkan pernah kita buka kamar di hotel, dan berakhir gw sama dia tidur dikursi teras kamar. Karna ya itu dia, ngobrol-ngobrol mulai dari nyambung sampe akhirnya nggak nyambung dan langsung pules tidur. Bangun-bangun langsung liat-liatan dan ngakak plus bingung siapa yang nyelimutin kita berdua. Ternyata petugas hotelnya yang nyelimutin kita berdua. Ade gw dan teemen-temen yang lain yang ada dikamar sampe geleng-geleng sama kelakuan kita berdua. Yaiyalaah, malang pas jaman gw SMA dulu tuh dinginnya ampun-ampunan. Lha ini malah nggak ada kerjaan tidur di teras. Haha.

Pernah ada 1 obrolan pas gw lagi nginep dirumah dia di surabaya karna gw sebentar lagi mau balik jakarta setelah dikeluarin dari sekolah. Pas itu ade gw dan temen-temen lainnya udah pada tidur dikamar. Nggak tau kenapa gw jadi salah tingkah duduk berdua sama dia, deg degan nggak jelas. Daaan mulailah Laurent ngomong, gw inget banget omongan dia sampe sekarang "Kop, makasih ya selalu ada buat gw. Lo selalu bisa bikin gw nyaman. Gw minta kalau nanti lo udah balik jakarta, lo jangan pernah lupain gw ya. Karna gw tau banget, kita pasti nggak akan pernah bener-bener ketemu lagi. Kalau nanti gw nggak ada kabar lama banget, gw harap lo mau cari gw. Dan gw janji, gw nggak akan pernah ngelupain lo.". Waktu itu gw cuma bengong dan pengen nanggepin omongan dia dengan serius, tapi yang ada gw maah ngejawabin "lo udah kaya orang pacaran minta putus aja. hahaha". Muka dia sempet sekilas bete karna gw nanggepinnya bercanda, tapi terus dia langsung ngejawab "yahhh, kaya situ mau aja gw jadiin pacar. lagian kan bagus kalo iya, gw jadi punya pacar berondong. hahaha". Setelah obrolan itu, gw sama dia lagi-lagi tidur pules di sofa dengan posisi kepala dia di pundak gw, dan bangun dengan keadaan leher gw sama dia sama-sama sakit. -.-"

Setelah malam itu, Riel dan teman-teman kita balik duluan ke malang, karna Mam sama Pap udah datang dari jakarta buat jemput gw. Laurent sengaja minta gw nginep lagi 1 hari buat habisin waktu sama dia. Karna Mam sama Pap tau Laurent, ya mereka kasih ijin. Pas lagi siap-siap mau balik ke malang, gw sama dia mendadak jadi lebih diem. Tanpa ngomong pun aura kita berdua udah sama-sama mancarin perasaan nggak tenang. Tapi dari tatapan mata dia dan gw mancarin hal yang sama, sedih. Iya, saat itu gw sedih banget. Bahkan lebih sedih daripada waktu gw pisah sama Eliz di stasiun kereta. Laurent nganterin gw balik ke malang. Perjalan surabaya malang nggak begitu jauh, tapi juga nggak deket. Selama di mobil, dia cuma megangin stir sambil ngeliatin jalan. Sempet gw berusaha ngajak ngobrol basa basi biar nggak tegang, tapi tetap aja balik lagi keadaannya sunyi. Begitu masuk malang, dia mulai ngelepasin 1 tangannya dari stir mobil dan langsung ngegenggam tangan gw. Waktu itu perasaan gw campur aduk, gw sendiri juga nggak tau perasaan apa yang gw rasain. Gw cuma bisa bales ngegenggam tangan dia dengan erat sambil nahan air mata gw. Begitu deket sama rumah Opa gw, dia sengaja berenti.

Selama berenti dia tetap megang tangan gw dan untuk pertama kalinya selama diperjalanan surabaya malang dia ngeliat gw. Dan dia langsung bilang dia nggak tau perasaan apa yang dia rasain dan gw juga ungkapin hal yang sama. Gw nggak tau gimana ceritanya, yang gw tau tiba-tiba gw meluk dia erat-erat dan kita berdua sama-sama nangis. Setelah agak tenang entah kesambet apa gw langsung cium kening dia dan bilang gw nggak akan pernah lupain dia, dan gw akan cari dia kalau sampai dia nggak ada kabar dalam waktu yang lama. Setelah gw ngomong gitu, dia bales buat cium kening gw dang ngehapus air mata gw dan bilang "terima kasih buat waktu yang menyenangkan selama lo ada disini, gw nggak akan pernah lupa. Dan kalau lo selalu bilang lo nggak ada gunanya, lo nggak tau betapa besar apa yang udah lo lakuin dalam hidup gw.". Waktu gw tanya maksudnya, dia cuma jawab bukan apa-apa.

Setelah gw udah balik ke jakarta, gw masih tetap komunikasi sama dia walopun udah pasti gw sama dia nggak akan pernah bisa ketemuan lagi. Bukan karna nggak pengen ketemuan, tapi tiap gw liburan akhir tahun ke malang, gw pengen banget bisa ke surabaya biar bisa ketemu sama dia, ehh tapi dia udah keburu pulang kampung buat merayakan natal bareng keluarganya. Dan waktu dia lagi ke jakarta, gw pas lagi ke malang karna Opa gw sakit. Nyebeliinnnyyaa pas dia ke bandung dia bisa ketemuan sama Riel, pas gw sama dia udah janjian mau ketemuan di bandung, nggak taunya dia mesti buru-buru balik ke surabaya karna kakaknya melahirkan.

Terakhir gw komunikasi sama dia pas dia kasih tau gw kalau dia mau menikah. Waktu denger kabar itu nggak tau kenapa hati gw kaya nyut-nyutan. Tapi gw juga bahagia, akhirnya dia bisa menikah dan berkeluarga. Karna gw inget banget dari sekian banyak obrolan gw sama dia, ada obrolan soal berkeluarga dan ujung-ujungnya ngebahas kalo kita berdua nggak menikah, dia punya ide gimana kalo tinggal bareng aja disatu rumah yang sederhana, ada terasnya, ada kamar ekstra buat Riel atau kakak dan adik dia kalau mau nginep. Plus kita bisa punya anjing, karna dia bilang kucing selalu bikin gw sama dia bersin-bersin. Bahasan kaya gitu kita berdua bahas sambil bercanda bukan kaya orang yang punya hubungan serius terus mau tinggal bareng. Haha. Dia udah sempet kirim undangan untuk keluarga gw, tapi sayang kita nggak bisa datang. Karna acaranya jauh, bukan di pulau jawa plus pas itu Mam lagi sakit. Untungnya dia bisa ngerti walaupun gw tau banget dia kecewa.

Setelah dia menikah, gw jarang banget komunikasi sama dia, karna gw udah mulai sibuk kerja dan dia juga selalu bilang lagi sibuk mau pergi ke dokter. Dia bilangnya keponakan kesayangan dia lagi hobi sakit. Waktu gw denger gitu ya gw ngerasa maklumlah, karna gw tau banget dia itu sayang sama keponakannya yang 1 itu. Dan udah hampir 1 tahun lebih ini gw nggak denger kabar apa-apa dari dia. Bahkan dari bbm pun nggak. Karna itu begitu nama dia muncul di friends list fb, gw langsung pengen banget liat fb dia karna gw juga keinget sama janji gw untuk cari dia. Begitu gw liat fb dia dada gw langsung nyesek, dan nggak terasa mata gw mulai basah. Dada gw makin terasa sakit nahan nangis. Gw nggak percaya, bahkan sampai detik ini gw masih nggak percaya kalau 1 jam yang lalu gw baca semua tulisan teman-teman dan keluarganya di fb dia.

Laurent ternyata udah nggak ada. Semua tulisan di fbnya bilang semoga dia bahagia disana bersama malaikat kecilnya. Gw pikir semua tulisan itu bohong, gw baca terus timeline dia sampai ke hari dimana Laurent menghembuskan nafas terakhirnya. Dan gw langsung nggak bisa nahan tangisan gw lagi setelah gw liat foto peti di gereja dengan lilin dan foto dia. Dan yang bikin gw bener-bener sedih kejadian itu terjadi 1 tahun yang lalu. Gw sama sekali nggak tau kalau dia udah nggak ada. Setelah gw ngeliat itu gw langsung kirim message ke fb kakaknya untuk ungkapin gw ikut berduka. Kakaknya langsung balas karna lega akhirnya bisa nemuin gw karna dia sama sekali nggak tau nama gw di fb itu siapa, karna dia cuma tau nama panggilan gw. Dan di bbm Laurent pun kontak bbm gw nggak ada, karna bb gw sempet rusak. Kakaknya selama 1 tahun pengen banget nyari gw untuk kasih tau tentang Laurent.

Seandainya gw punya mesin waktu, gw pasti pengen banget balikin waktu ke hari terakhir Laurent waktu masih ada, dan gw pengen banget ngomong sama dia. Karna di dunia ini nggak ada yang namanya mesin waktu selain di film kartun, gw cuma bisa ngomong disini. Supaya gw bisa selalu inget tentang dia.

Hi Laurent, sekarang gw tau maksud lo soal kenapa gw mesti cari lo. Damn, ternyata lo bener-bener punya bakat peramal ya??? Haha. Lo bisa tau kalau kita pasti nggak akan bisa ketemu lagi, lo juga bilang kalau gw harus cari lo. Dan gw akhirnya tau maksud omongan lo tentang gw udah ngelakuin hal besar dalam hidup lo. Lo itu perempuan yang kuat yang pernah gw temuin, nggak peduli rasa sakit fisik harus terus lo rasain bertahun-tahun, tapi lo tetap kuat nahan semua itu. Lo bahkan nggak ngebiarin orang-orang tau apa yang lo alamin, lo cuma mau nunjukin lo bahagia walopun harus nahan sakit. Karna gw tau, lo itu orang menyebalkan yang selalu pengen bikin orang ngerasa bahagia dan saat orang-orang yang lo sayangin bahagia, disitulah kebahagiaan terbesar lo. Terima kasih udah kasih gw kesempatan untuk jadi salah 1 dari orang-orang yang bisa bikin lo bahagia. Dan sekarang, lo udah bisa lepas dari semua rasa sakit lo, lo udah bisa istirahat dengan tenang dan mungkin sekarang lagi ngetawain gw yang mendadak cengeng waktu ngetik ini dari sana *sigh. Haha. Walopun gw sedih karna gw tau ini setelah 1 tahun, tapi gw bahagia karna sekarang lo udah bebas dari rasa sakit lo. Sampai kapanpun gw nggak akan pernah ngelupain lo, gw pasti akan kangen banget sama kegilaan kita berdua dan gw pasti bakal kangen banget sama lo. Lo udah kaya kakak yang nggak pernah gw punya, lo udah kaya sahabat yang selalu ada setiap saat, dan lo udah kaya "pacar tanpa status" (haha) yang selalu ngisi har-hari gw. Selamat tinggal Laurent, gw yakin nanti pada waktunya kita pasti bisa ketemu lagi, dan saat ketemu sama lo nanti, gw pasti bakal toyor-toyor kepala lo karna udah bikin gw nangis sesenggukan kaya gini. Terima kasih untuk semuanya. *kiss n hugs 

3 comments:

Anonymous said...

halo kak. gue silent reader blog lo dari dulu dan selalu nungguin postingan terbaru di blog ini ^^ hehehe
keep up the good work, kak! Your blog makes me smile :D

Salam kenal ya btw ^^

coffee latte said...

ano: haha. thx ano. salam kenal juga ya :D

Re said...

Sedih banget sih Kop :'(