Tuesday, October 15, 2013

Menunggu

Dimana-mana yang namanya nunggu itu paling nggak enak!!! Huh! Kemarin-kemarin sih nggak kepikiran karna sibuk kerja plus menclok "ngamen" sana sini, nah sekarang gilirannya gw lagi libur panjang...baru deh kepikiran. -.-"

Bulan september kemarin gw ikut ujian biolanya ABRSM (associated board of the royal music school) atau lebih singkatnya orang suka bilang ujian royal. Ujiannya sih sama aja kaya ujian-ujian grade, cuma bedanya ini versi ujian dari luar negeri, dari london. Hihi. Gaya beth dah gw ikut ujian ginian, padahal bahasa inggris gw pas-pasaaan banget (>-̮<). Ujian royal sih nggak cuma biola, ada beberapa instrumen lainnya juga, bahkan ada juga ujian teori musik.

Awalnya sih gw minder ikut ujian kaya gini. Lhaa kebanyakan yang ikut bisa dibilang high class semua. Nah gw??? Biola gw aja bisa dibilang biola yang tipenya pas-pasan. Mana yang nilai orang bule kan kupingnya tajem. Untung aja biola gw udah sempet gw ganti senar dan bridgenya jadi yang bagusan, jadi suaranya nggak begitu cempreng kaya pertama beli. Hiks. Tapi terus gw inget omongan Stef, mau semahal apa itu biola kalo yang mainin nggak bisa main, tetep aja jelek. -.-"

Kebanyakan yang ikut ujian kaya gini udah mempersiapkan diri dari 6 bulan - 1 tahun sebelumnya. Naah gw??? Gw baru siap-siap sekitar bulan juli akhir. Daftarnya sih udah dari april, cuma baru sempet nyentuh buku bahan ujiannya pas bulan juli -.-". Nah gimana gw nggak deg-degan mikirin hasil ujiannya??? Orang lain aja nyiapin diri dari kapan tau, nah gw bener-bener latihan sama piano yang buat ngiringin bagian ujian lagu baru 1 bulan sebelom ujian, belajar buat aural testnya juga dadakan. Secara gw bego banget kalo harus ujian aural. -.-"

Tiap gw ikut ujian lokal, gw pasti deg-degan karna cuma berdua aja sama pengujinya. Tapi pas ujian royal kemaren gw deg-degannya cuma sampe depan pintu ruang ujian. Haha. Karna penguji gw asliiiii modelnya kaya Stef. Cuma bedanya yang nguji bule, Stef bukan bule. Wkwk. Yang gw bilang kaya Stef ya pembawaannya. Baweeeeelll banget!!! Ceria, dan bikin gw akhirnya jadi nyaman (>-̮<). Padahal gw udah ngeri aja dapet penguji yang jutek. Dan hebatnya lagi, untuk ukuran orang yang bahasa inggrisnya pas-pasan macam gw, gw bisa cuek ngomong pake bahasa inggris sama pengujinya. Untung aja inggrisnya british, jadi gw bener-bener bisa nangkep dia ngomong apaan. Hehe.

Untuk ujian biola, yang diuji itu ada :

- scales and arpeggios
Nah ini gw mesti hafal sama tangga nada yang udah ditentuin.

- sight reading
Pas ujian disuruh mainin partitur yang sama sekali belom pernah kita mainin.

- violin exam pieces
Kalo ini gw disuruh milih masing-masing 1 lagu dari 3 list yang udah disiapin.

- aural tests
Nah aural tests-nya ada 4 macem. Yang pertama itu claps disuruh dengerin pengujinya main piano dan gw harus tepuk tangan ngikutin tempo terus harus tau itu ketukannya berapa. Terus ada juga echo, gw harus "nyanyiin" not yang dimainin penguji di pianonya. Ada lagi gw harus ngebedain not yang dimainin penguji, dan gw harus tau not yang berubah itu di awal atau akhir. Yang terakhir gw disuruh dengerin pieces yang dimainin dan harus bisa jelasin dinamikanya, perubahan, artikulasi, tempo, daaan tone-nya di minor atau mayor. -.-"

Waktu ujian sih gw milih ujian scales dulu, biar jari nggak kaku, baru gw ujian lagu. Pas ujian lagu, gw ngerasa makin tenang, karna pengiring pianonya dibolehin masuk buat ngiringin gw. At least setelah main 3 lagu sama tante gw jadi makin tenang. Setelah selesai main lagu, gw langsung dikasih partitur yang belom pernah gw mainin. Apessssnyaa, gw ngikutin saran temen gw untuk "baca" partitur dulu sebelom main. Emang sih pengujinya juga ngasih waktu. Tapi gara-gara itu, gw jadi salah ketukan dibagian akhir not -.-". Gw selalu kebiasaan kalo sight reading nggak pake "baca", tapi langsung hajar main. Pas baca malah gw kagok dooong. Hiks. Yang terakhir aural tests, malah tadinya gw khawatir banget sama ujian aural, tapi malah lancar banget gw-nya *pedeeee. Hahaha.

Nah yang nyebelinnya, hasil ujian gw keluarnya lama banget. Bisa 1 bulan lebihhh, karna hasil ujiannya nanti dikirim dari london. Duhhh, kalo dipikir-pikir mah paling nggak bagian scales merit lah, exam pieces yah merit juga deh, aural testsnya merit juga paling, naaah sight readingnyaaaa bisa-bisa gw nggak lulus gara-gara salah ketukan. Hikkssss. Kalo nggak lulus kan nyesek banget, cuma gara-gara salah ketukan. Apalagi buat ikut ujian gini kan nggak murah. Huaaa makin senewen gw!!! Щ(ºДºщ)

Stef selalu bilang, anggep aja ini pengalaman. Dan apapun hasilnya gw harus tetep semangat. Tapiii kan tetep aja gw senewen mikirin. Ughhhh, mending cepet-cepet selesai dah ini liburannya, biar gw nggak kepikiran sama hasil ujian. -.-"

Powered by Telkomsel BlackBerry®

5 comments:

kaka said...

Baru x ini tulisan diblog lu yg serius kata-katanya!hehehe..peace.

*moga hasilnya memuaskan y kop..

coffee latte said...

Haha. Masa sih? Kayanya ada beberapa yang serius juga kok. Tapi ya emang jaraaang. (>-̮<)

Aminnnnn, moga-moga hasilnya memuaskan, paling nggak merit deh. #ngarep :p

bybyq said...

Oooh!! Tell me about it. I am going to apply for my visa soon, and it's going to take ages before I know whether I would get the visa approved or not. Sorry, curcol...

I really hope you will get the good news soon. ^__^

coffee latte said...

Haha. Iyah gw baca blog lo byq. Rempooong banget ya si visa. Bikin senewen. -.-"

Iyaa, moga2 yaaa. Moga2 urusan visa lo juga cepet kelar. Biar lo nggak bludrek. Hehe

bybyq said...

huhuhu... boro2... Hari ini gwe disuruh pulang dan reschedule buat hari senin karena kurang ini itu. Stres.
Kalo ga inget yg d sana lebih stres mikirin gw bisa berangkat atau kaga, udah batal bikin visa gue...