Monday, November 9, 2015

Coming Out

Wuih udah lama banget nggak nengokin blog gw ini. Untung ini bukan rumah beneran, kalo ini rumah beneran udah pasti bakal debuan dimana-mana plus bengek gw bakal kumat. Hehe.

Beberapa tahun belakangan ini gw selalu mikir serius soal masalah coming out. Ada pro kontra di dalam kepala gw. Disatu sisi gw pengen banget jadi orang egois dan bisa bikin diri gw bahagia walaupun itu artinya mungkin aja gw bakal nyakitin orang-orang yang gw sayang. Disisi lain, gw lebih milih ngebahagian orang lain alih-alih bikin diri gw sendiri bahagia. -.-"

Well sampai pada akhirnya 3 minggu lalu gw bener-bener ngeberaniin diri gw untuk ngelakuin hal yang selama ini gw takutin. Ya...coming out. Kali ini bukan coming out ke teman. Tapi ke salah satu keluarga gw. 

Awalnya gw ngerasa asli super takut. Apa keputusan gw ini bener? Apa ge nggak egois? Gimana kalau end up gw malah jadi dibenci??? Argghh. Pikiran-pikiran kaya gitu yang bikin gw makin stress dan ngurungin niat gw berkali-kali untuk bisa coming out. Tapi nggak tau kenapa waktu gw ngelakuin ini gw ngerasa bener-bener siap. Siap dalam artian gw siap nanggung resiko yang bakal gw hadapin.

Dan saat gw ngerasa siap. Gw bisa dengan tenang (boong banget) bilang ke Riel adik gw kalau gw itu lesbian. Waktu gw mau ngomong kalimat "gw gay" selalu aja ketahan ditenggorokan gw kata "gay" itu. Sampe 2x gw berusaha ngomong nggak berhasil kata itu keluar dari mulut gw. Riel sampe panik karna liat gw udah keliatan putus asa pake nangis pula -.-". 

Akhirnya waktu gw berusaha ngomong untuk yang ketiga kalinya, gw berhasil ngeluarin kata "gay" dengan yakin dan langsung natap mata Riel. Setelah gw bilang itu, gw langsung nangis makin kenceng. Bukan...bukaaaann, bukan karna Riel jadi benci gw. Tapi karna reaksi Riel. Dia langsung ketawa ngakak sekenceng-kencengnya terus nyingkirin semua barang-barang yang ada di depan dia dan dia buka tangannya lebar-lebar untuk meluk gw. Dan waktu dia meluk gw dia bilang ke gw "its OK!!! I've got your back sis! Gw udah tau lama, gw cuma nunggu lo berani bilang langsung ke gw."

Dia tenangin gw dengan bilang dia nggak masalah dengan orientasi seksual gw. Dimata dia, gw tetap jadi kakak perempuan kesayangan dia. Dan dia bahkan support gw untuk gw bisa dapetin kebahagiaan gw sendiri. Saat itu perasaan gw bener-bener bebas. Rasanya kaya gw udah berani ngebuka pintu lemari tempat gw selama ini sembunyi. 

Yeah gw emang belom bener-bener bebas. Karna gw masih belum keluar dari lemari gw. Tapi satu hal yang pasti saat gw keluar dari lemari gw nanti. Dan gw ngerasa bebas, gw nggak akan perlu untuk gembar gembor ke orang-orang "heyyy I'm a lesbian!!!". Gw nggak perlu orang lain atau bahkan teman-teman untuk tau orientasi gw. Yang terpenting buat gw cuma keluarga gw. Saat Mam, Pap dan Riel bisa nerima gw. Itulah saat dimana gw bener-bener keluar dari tempat sembunyi gw dan menghirup kebebasan gw.

Disini gw bukan mau nyuruh buat coming out. Tapi gw cuma mau bilang, jangan pernah coming out karena ngerasa HARUS atau karna mau ngikutin trend. Coming out itu hal yang serius yang harus dipikirin mateng-mateng bahkan sampe over mateng. Dan yang paling terpenting silahkan coming out saat merasa bener-bener siap. Karna saat lo ngerasa siap, lo juga udah bisa siap dengan segala kemungkinan yang terjadi baik dan buruk. Jadi nggak akan ada penyesalan. Gw termasuk salah satu orang yang beruntung karna adik gw bisa nerima gw apa adanya. :)

3 comments:

Re said...

ngopi-ngopi yuk? kangen ngobrol..

coffee latte said...

Yuk...No gw balik lagi jadi ya lama. Ntar gw wa 😁

Rai said...

Ya lo berutung keluarga lo --> untuk saat ini adik lo <--mau menerima lo apa adanya lo , be youself that all l.

Good luck